Perbedaan Spanduk, Banner, Brosur dan Poster

Perbedaan spanduk, banner, brosur, dan poster

Setiap kali Kita keluar rumah atau bepergian, pasti melihat aneka gambar dan tulisan yang terpampang rapi. Biasanya di dalamnya terdapat kombinasi warna-warni yang menarik, dan 'memaksa' Kita untuk meliriknya.



Tulisan dan gambar yang didesain sedemikian rupa itu memang sengaja dibuat. Sebagian berisi ajakan sosial sebagian yang lainnya bisa berisikan himbauan, ucapan, komersial dan perniagaan dan banyak lagi.

Semua itu adalah media mengkomunikasikan isi pesan kepada khlayak ramai. Bentuknya bisa spanduk, baliho, banner, poster atau brosuk. Istilah-istilah ini akrab kita dengar, namun apakah Kalian tahu perbedaannya?

Beda Spanduk, Benner, Poster dan Brosur

Perbedaan masing-mesing media ini Kami bedakan ke dalam empat aspek, yaitu: ukuran, desain, tujuan dan tempat pemasangannya.

Perbedaan dari keempat media informasi publik itu dapat dilihat pada tabel berikut:

Aspek Spanduk Banner Brosur Poster
Ukuran Biasanya lebih besar dari poster dan brosur. Bisa lebih kecil atau sama besar dengan spanduk. Biasanya berukuran lebih kecil dari spanduk dan poster. Bisa lebih kecil atau sama besar dengan brosur.
Desain Biasanya memiliki desain yang sederhana dengan tulisan besar. Sama seperti spanduk.Biasanya memiliki desain yang lebih detail dan memiliki lebih banyak informasi. Bisa memiliki desain yang sederhana atau lebih detail.
Tujuan Promosi, informasi event, pameran produk, decoration, dan pemasangan iklan. Sama seperti spanduk. Menyampaikan informasi mengenai produk, jasa, atau perusahaan.Mempromosikan produk, jasa, atau event, atau sebagai media informasi.
Pemasangan Biasanya dipasang di luar ruangan, seperti di jalan, bangunan, atau dinding. Sama seperti spanduk. Dapat dibagikan langsung ke pelanggan potensial atau ditempatkan di tempat strategis. Bisa dipasang di luar atau dalam ruangan, tergantung pada jenis poster.

Antara spanduk dan banner ini memiliki kesamaan yang sangat banyak. Bahkan keduanya dalam praktik di lapangan memiliki makna yang sama. Hanya saja dalam segi ukuran kadang penyebutannya berbeda. Selain itu Spanduk juga dikenal dengan istilah lain, yaitu Baliho.

Banyak macam-macam ukuran spanduk yang bisa dipilih untuk dijadikan sarana informasi untuk mempromosikan sesuatu, baik bersifat sosial maupun sebagai Spanduk Niaga. Demikian juga terhadap yang lainnya.

Untuk desain ukuran yang kecil, biasanya masyarakat Indonesia memilih brosur sebagai media promosinya. Ada beberapa jenis-jenis brosur berdasarkan desain lipatan dan berdasarkan isinya.

Di sisi yang lain, untuk menampilkan informasi yang singkat dengan desain tampilan hanya satu muka, masyarakat lebih memilih jenis poster. Dengan ukuran relatif kecil dan mudah ditempel di tempat-tempat strategis untuk promosi, Poster Niaga adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang hendak mempromosikan produk komersial.

Alhasil, pemilihan media promosi dengan mempertimbangkan aspek-aspeknya merupakan keharusan bagi para advertiser atau instansi sosial untuk mengamplifikasi pesan-pesan yang hendak disampaikan.


LihatTutupKomentar