Macam-Macam Ukuran Spanduk

Ukuran Spanduk

Spanduk adalah salah satu media promosi yang paling efektif dan efisien. Selain dengan spanduk, media promosi bisa juga melalui brosur, poster, banner atau Billboard. Masing-masing sarana untuk berpromosi ini memiliki kelebihannya sendiri-sendiri. 

Pemilihan spanduk sebagai tempat untuk promosi tentu pilihan yang tepat, namun ada beberapa yang perlu diperhatikan agar hasilnya maksimal. Salah satu aspeknya adalah penentuan ukuran dari spanduk.

ukuran spanduk
Ukuran Spanduk Peringatan


Dalam pemasangan spanduk, ukuran yang tepat sangat penting agar spanduk dapat dilihat dengan jelas dan memiliki tampilan yang menarik. Ukuran spanduk yang tepat akan memastikan bahwa spanduk terlihat jelas dan menarik perhatian dari calon konsumenmu.

Ukuran Spanduk Umum

Berikut adalah beberapa macam ukuran spanduk panjang ke samping yang umum digunakan:

  1. Ukuran Standar
  2. Ukuran Besar
  3. Ukuran Jumbo
  4. Ukuran Personalized

1. Ukuran Spanduk Standar

Ukuran standar ini bisa berkisar antara 3 x 6 meter hingga 5 x 10 meter. Ukuran ini sering digunakan untuk spanduk promosi produk, acara, dan lain-lain. Ukuran ini juga sering digunakan untuk spanduk perusahaan, seperti spanduk untuk toko atau kantor. Ukuran ini adalah ukuran 1:2.

ukuran spanduk 1x2


Selain itu, ada spanduk dengan bentuk persegi panjang yang umum digunakan di Indonesia, yaitu dengan ukuran sebagai berikut (diurutkan dari size terbesar ke yang terkecil):

  • 5 x 1 meter
  • 4,5 x 2 meter
  • 4 x 0,8 meter
  • 3 x 1 meter
  • 3 x 0,8 meter
  • 2 x 1,5 meter
  • 2 x 0,8 meter

Ketentuan ukuran spanduk akan dipengaruhi oleh lokasi pemasangan spanduk dan tujuan dari pembuatan spanduk tersebut. Desainer harus mempertimbangkan hal ini untuk menentukan ukuran spanduk yang tepat.

2. Ukuran Spanduk Besar

Ukuran spanduk besar biasanya berkisar antara 6 x 12 meter hingga 10 x 20 meter. Ukuran ini sering digunakan untuk spanduk promosi besar-besaran, seperti acara nasional atau internasional. Ukuran ini juga sering digunakan untuk spanduk perusahaan besar, seperti spanduk untuk gedung bertingkat atau mall.

3. Ukuran Spanduk Jumbo

Ukuran spanduk jumbo biasanya berkisar antara 10 x 30 meter hingga 20 x 40 meter. Ukuran ini sering digunakan untuk spanduk promosi besar-besaran, seperti acara besar-besaran, festival musik, dan lain-lain. Ukuran ini juga sering digunakan untuk spanduk perusahaan besar, seperti spanduk untuk gedung bertingkat atau mall.

4. Ukuran Spanduk Personalized

Ukuran spanduk personalized bisa dipesan sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Ukuran ini sering digunakan untuk spanduk promosi produk, acara, dan lain-lain. Ukuran ini juga sering digunakan untuk spanduk perusahaan, seperti spanduk untuk toko atau kantor.


Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Ukuran Spanduk

Beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan dalam memilih ukuran spanduk antara lain:

  • Lokasi pemasangan
  • Tujuan promosi
  • Anggaran

Ketiga faktor ini menjadi pertimbangan penting dalam menentukan ukuran dari spanduk. Alias dengan biaya yang terjangkau, tapi memiliki efektifitas tujuan spanduk bisa maksimal.

 

a. Lokasi Pemasangan

Lokasi pemasangan spanduk sangat mempengaruhi pemilihan ukuran spanduk. Ukuran dari spanduk harus sesuai dengan ukuran area pemasangan, agar spanduk dapat terlihat jelas dan memiliki tampilan yang menarik. Misalnya, jika spanduk akan dipasang di depan gedung bertingkat, ukuran spanduk yang besar sangat sesuai karena dapat dilihat dari jarak jauh.

b. Tujuan Promosi

Tujuan promosi juga mempengaruhi pemilihan ukuran spanduk. Jika tujuan promosi adalah untuk mempromosikan produk baru, ukuran spanduk standar sudah cukup. Namun, jika tujuan promosi adalah untuk mempromosikan acara besar-besaran, spanduk dengan ukuran yang  jumbo sangat sesuai dan direkomendasikan.

c. Anggaran

Anggaran juga mempengaruhi pemilihan ukuran spanduk. Ukuran yang jumbo membutuhkan biaya yang lebih tinggi dibandingkan ukuran spanduk standar. Oleh karena itu, perlu mempertimbangkan anggaran sebelum memilih ukuran untuk spanduk.

Selain itu bahan spanduk tentu mempengaruhi anggaran. Pilih bahan atau material spanduk yang sesuai dengan cuaca dan tempat pemasangan spanduk.

 

Cara Memilih Ukuran Spanduk yang Tepat

Untuk memilih ukuran spanduk yang tepat, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

macam ukuran spanduk


  • Tentukan tujuan promosimu.
  • Tentukan lokasi pemasangan spanduk.
  • Tentukan anggaran yang tersedia.
  • Cari tahu ukuran yang sesuai dengan tujuan promosi, lokasi pemasangan, dan anggaran untuk spanduk.
  • Berikan pertimbangan pada faktor-faktor lain seperti cuaca, jarak pandang, dan sebagainya.
Bisa jadi, ukuran sudah ideal namun lokasi dan cuaca yang kurang dipertimbangkan menjadikan spanduk cepat rusak, atau bahkan sobek diterpa angin.

Kesimpulan

Memilih dimensi spanduk yang tepat sangat penting untuk memastikan bahwa spanduk memiliki tampilan yang jelas dan menarik perhatian calon konsumen. Beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan dalam memilih ukuran spanduk antara lain tujuan promosi, lokasi pemasangan, dan anggaran.

ukuran spanduk


Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, Kamu dapat memilih ukuran dari spanduk yang tepat dan memastikan tujuan-tujuan spanduk tercapai.

Demikian uraian singkat tentang macam-macam ukuran spanduk. Semoga bisa memberikan manfaat dan memberikan gambaran bagi yang hendak membuat spanduk.

Sumber: indoreload.blogspot.com

LihatTutupKomentar