Apa itu Poster niaga? Definisi Poster Niaga adalah salah satu alat pemasaran yang berbentuk poster dan dianggap paling efektif untuk membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan, sebagaimana tujuannya.
Dalam dunia bisnis, poster niaga memiliki tujuan seperti dan tidak terbatas untuk publikasi, mengajak masyarakat tentang program baru namun juga berkaitan dengan program sosialisasi dan menggalang massa yang juga cukup efektif menggunakan media promosi jenis poster ini.
Meskipun jenis poster niaga ini bukan satu-satunya media promosi, namun dalam konteks niaga atau bisnis dan ia dianggap cukup tokcer untuk meraih goal dari pembuat poster tersebut.
Tujuan Utama Dari Poster Niaga Adalah
- Meningkatkan penjualan
- Memperkenalkan program baru
- Sosialisasi
- Mendapatkan simpati publik
1. Meningkatkan Penjualan
Penjelasan pertama dari tujuan utama dari
poster niaga adalah meningkatkan penjualan. Salah satu tujuan utama dari poster
niaga adalah mendorong kenaikan penjualan. Dengan mempromosikan produk atau
jasa secara efektif melalui poster, Kamu dapat membantu menarik perhatian calon
customer atau audience dan mendorong mereka agar membeli yang Kamu promosikan,
yaitu produk atau jasa Kamu.
Untuk mencapai tujuan ini, poster niaga
harus menarik perhatian calon customer dengan menggunakan desain yang atraktif
dan informatif.
Buat desain poster harus menarik perhatian
dengan menggunakan pilihan kombinasi warna yang cerah, tegas dan memiliki ilustrasi atau foto-foto yang
menarik, pemilihan font sebagai teks juga perlu diperhatikan agar isi dari poster niaga ini mudah dibaca
dan mudah diingat.
Poster niaga juga harus menyampaikan
informasi yang jelas mengenai produk atau jasa yang ditawarkan, termasuk
spesifikasi, fitur, dan manfaat. Ini akan membantu masyarakat memahami apa yang
Kamu tawarkan dan memotivasi mereka untuk membeli.
2. Mengajak Masyarakat Tentang Program Baru
Penjelasan kedua dari tujuan utama dari
poster niaga adalah ajakan tentang program baru. Poster niaga juga digunakan
untuk mengajak masyarakat tentang program baru yang sedang diluncurkan oleh
perusahaan.
Dengan mempromosikan program baru melalui
poster, perusahaan dapat membantu masyarakat memahami apa yang baru dan menarik
minat mereka untuk mencoba program tersebut.
Untuk mencapai tujuan ini, poster niaga
harus memuat informasi jelas mengenai program baru, termasuk tujuan, fitur, dan
manfaat. Desain dari poster mesti eyes catching, menarik rasa penasaran,
perhatian masyarakat dan mendorong mereka untuk mencoba program baru.
3. Sosialisasi Program
Keetiga, poster niaga memiliki tujuan adalah sarana sosialisai. Artinya, poster niaga juga digunakan
untuk sosialisasi program yang sedang diluncurkan oleh perusahaan. Dengan
mempromosikan program melalui poster, perusahaan dapat membantu masyarakat
memahami apa yang sedang ditawarkan dan mengarahkan mereka supaya ikut serta
dalam program tersebut.
Untuk mencapai tujuan ini, poster niaga
harus menampilkan informasi yang jelas dan menarik tentang program yang sedang
ditawarkan. Poster niaga juga harus menunjukkan bagaimana program tersebut
dapat membantu masyarakat dan bagaimana mereka dapat memanfaatkannya.
4. Mencari Simpati Publik
Tujuan terakhir dari poster niaga adalah
mencari simpati publik. Ini bisa dilakukan dengan menampilkan informasi tentang
kegiatan sosial atau lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan. Dengan
menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, perusahaan dapat
membangun citra positif dan mencari simpati publik.
Untuk mencapai tujuan ini, poster niaga
harus menampilkan informasi yang jelas dan menunjukkan bagaimana perusahaan
membantu masyarakat dan lingkungan. Poster niaga juga harus menunjukkan
bagaimana perusahaan memiliki nilai dan visi yang positif untuk masa depan.
Untuk tujuan-tujuan tersebut memang tidak harus menggunakan poster niaga. Beda audience, beda penempatan tentu juga beda strateginya. Untuk menyasar perorangan, salah satunya bisa menggunakan brosur. Brosur yang dilipat menjadi 3 bagian memiliki jumlah halaman enam cukup efekti dan bisa memuat banyak pesan yang ingin disampaikan.
Dalam konten informasi yang disampaikan. Umumnya menggunakan gaya bahasa yang bersifat ajakan. Saat ini istilah yang tepat untuk menyebutnya adalah bahasa copywriting.
Dengan mengetahui 4 tujuan utama dari
poster niaga, perusahaan atau perorangan dapat membuat poster yang efektif dan
membantu mencapai tujuannya. Poster niaga dapat menjadi alat promosi yang
efektif dan membantu mempromosikan produk, program, dan visi perusahaan kepada
masyarakat.