Sedang ingin membuat brosur? Yuk, pahami dulu apa itu brosur? dan seperti apa jenis-jenis brosur beserta tujuan brosur tersebut. Jadi simak terus tulisan ini, semoga bisa bermanfaat bagimu.
Brosur, meskipun terdengar kuno, namun masih efektif untuk menyampaikan pesan, lho. Pesan atau isi brosur tentu memuat segala hal yang ingin Kamu sampaikan untuk kemudian mendapatkan respon dari target yang dikehendaki.
Penyampaian bentuk brosur bisa beragam. Ada dalam format digital maupun cetak konvensional. Brosur digital bisa untuk disebarkan melalui internet di berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Tumblr, Intagram (IG) atau bisa juga via aplikasi chatting Telegram, Whatsapp dll.
Sementara brosur cetak, tentu sasarannya secara offline. Bisa dibagikan di tempat keramaian atau ditaruh di tempat-tempat strategis. Sebelum lebih jauh lagi, yuk simak apa itu brosur, macam dan tujuannya.
Pengertian Brosur
Brosur adalah alat pemasaran yang efektif dan mudah untuk menyampaikan informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Untuk pembuatan brosur, ada beberapa jenis brosur yang dapat Kamu pilih sesuai dengan apa yang Kamu butuhkan dan tujuanmu.
Contoh brosur terkait sepatu dan perawatannya.
Brosur dapat dibedakan berdasarkan bentuknya (lipatan) ada juga jenis-jenis brosur berdasarkan isinya. Ada juga jeni brosur atau poster niaga, yang mana tujuan pembuatan poster niaga adalah untuk memberikan informasi yang berkaitan dengan perniagaan, seperti memberikan tawaran kerjasama, menawarkan jasa atau produk-produk yang mungkin dibutuhkan oleh calon konsumen. Kali ini, mimin mau membahas jenis brosur berdasarkan lipatannya.
Jenis-Jenis Brosur Lipat
Setidaknya ada tiga jenis brosur
berdasarkan lipatannya, yaitu:
- Brosur tanpa lipatan
- Brosur dengan 2 lipatan, dan
- Brosur dengan 3 lipatan.
Brosur Tanpa Lipatan
Jenis-jenis brosur yang pertama adalah brosur tanpa lipatan. Brosur model ini disebut juga dengan Flyer.
Yang dimaksud Flyer adalah jenis brosur tanpa lipatan. Flyer ini memiliki dua
halaman bolak-balik. Kedua halaman brosur tanpa lipatan ini bisa diisi dengan
informasi atau gambar-gambar yang penting-penting saja.
Ukuran Flyer yang banyak digunakan
berukuran kertas A5, yaitu: 14,8 cm x 21 cm. atau kertas A4, dan DL (kertas 1/4
quarto). Pemilihan ukuran kertas tergantung pembuat brosur itu sendiri yang
tentu, sesuai dengan maksud dan tujuan pembuatan brosur.
Penggunaan Flyer ini kebanyakan digunakan
untuk menyampaikan informasi singkat dan cepat ke calon customer atau pelanggan
setia. Jenis brosur Flyer ini sangat
bagus dan hasilnya efektif bila distribusi secara massal, seperti
menempatkannya di meja di SPBU, restoran, retail, tempat umum atau toko. Bisa
juga dengan cara door to door, memberikan mereka secara pribadi, atau
meletakkannya di papan pengumuman.
Jadi tidak ada perbedaan flyer dan brosur. Flyer merupakan salah satu jenis dari brosur. Ia seperti kertas biasa, tanpa lipatan.
Brosur dengan 2 Lipatan atau Bi-Fold
Jenis-jenis brosur selanjutnya adalah dua lipantan. Brosur dengan 2 lipatan, juga dikenal sebagai brosur Bi-Fold. Brosur dengan 2 Lipatan adalah jenis brosur yang dilipat menjadi dua bagian. Ukuran brosur bi-lipat biasanya A4 (21 cm x 29,7 cm) atau ukuran surat (21,6 cm x 27,9 cm).
Brosur bi-lipat merupakan pilihan yang baik bagi bisnis, yang khususnya ingin menyampaikan informasi lebih banyak daripada yang bisa dimasukkan ke dalam flyer, tetapi tetap menjaganya sederhana dan mudah dipahami.
Dua lipatan memungkinkan untuk beberapa panel atau halaman
untuk menunjukkan berbagai aspek layanan atau produk yang ditawarkan, sehingga
menjadi alat yang sangat baik untuk brosur produk atau undangan acara.
Brosur dengan 3 Lipatan atau Tri-Fold
Jenis-jenis brosur ketiga yaitu dengn tiga lipatan. Brosur dengan 3 lipatan, juga dikenal
sebagai brosur tri-lipat. Brosur dengan tiga lipatan adalah salah satu jenis
brosur yang dilipat menjadi tiga bagian. Brosur tri-lipat biasanya lebih besar
daripada brosur bi-lipat dan menawarkan lebih banyak ruang untuk informasi dan
grafik.
Jenis brosur yang dilipat menjadi 3 bagian memiliki jumlah halaman sebanyak enam ini memiliki tingkat penggunaan yang tinggi karena bisa menampung banyak informasi dan gambar.
Ukuran brosur dengan tiga lipatan ini
umumnya adalah A4 (21 cm x 29,7 cm) atau ukuran surat (21,6 cm x 27,9 cm).
Brosur tri-lipat adalah pilihan yang sangat baik bagi bisnis yang ingin
memberikan gambaran komprehensif tentang produk atau layanannya.
Dengan tiga lipatan, informasi dapat dikelompokkan dan dipresentasikan dengan jelas dan teratur, sehingga membuat brosur ini mudah dipahami dan menarik bagi pelanggan potensial. Brosur tri-lipat juga dapat digunakan sebagai alat presentasi yang efektif dan mudah dibawa ke acara atau pertemuan bisnis.
Kesimpulan
Secara umum, pemilihan jenis brosur tergantung pada tujuan dan kebutuhan pemasaran bisnis. Flyer sangat efektif untuk informasi singkat dan cepat, brosur bi-lipat memberikan lebih banyak ruang untuk informasi, dan brosur tri-lipat menawarkan presentasi komprehensif dan teratur.
Selain itu, brosur umumnya dicetak pada kertas jenis Art paper dengan dimensi ukuran kertas A4 yaitu dengan panjang 297 mm dan lebar 210 mm, meskipun beberapa pembuat brosur menggunakan ukuran lain. Kembali lagi ke tujuan pembuatan brosur.
Kebanyakan bisnis memilih untuk menggabungkan beberapa jenis brosur untuk memenuhi kebutuhan pemasaran mereka. Namun, pemilihan tergantung pada tingkat detail yang diinginkan dan tujuan pemasaran.