Indoreload.blogspot.com Ingin memperkenalkan dan mempromosikan produk makanan? Ya, Kamu butuh media promosi makanan yang efektif, terlebih di tahun ini; 2024
Media Promosi Makanan Yang Efektif |
Memang tidak semua media promosi bisa efektif untuk digunakan untuk produk ini. Bisa jadi, sebuah media bisa bagus responnya di satu jenis usaha namun kurang memuaskan digunakan untuk memasarkan makanan dan minuman.
Tidak ada salahnya Kamu mempelajari berbagai macam media promosi makanan. Sehingga nantinya Kamu bisa memilih, mana media yang cocok untuk produk makanan yang hendak kamu pasarkan.
Bisnis makanan kekinian merupakan salah satu contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yang menjanjikan keuntungan. Hal ini dengan catatan, pebisnis mesti bisa memahami target pasar dan prefensi calon konsumennya. Yang kemudian, ide bisnis tersebut di follow up dengan memperekanlkan dan mempromokannya.
Media Promosi Makanan
Media untuk mempromosikan aneka ragam makanan dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu media promosi online dan offline. Untuk media promosi online, terdapat beberapa jenis yang umum digunakan, seperti:
Media Promosi Makanan Online
Umumnya tempat untuk mempromosikan saat ini yang digemari adalah dalam bentuk digital. Online marketing menjadi pilihan utama khususnya untuk pengusaha milenial. Diantara tempat berpromosi secara online adalah sebagai berikut:
Promosi melalui media sosial seperti
Instagram, Facebook, dan TikTok. Dalam media sosial, promosi dilakukan dengan
membuat konten menarik dan mengundang minat masyarakat untuk mencoba makanan
yang ditawarkan. Misalnya, dengan memposting foto dan video menarik tentang
menu makanan dan memberikan informasi mengenai harga dan lokasi gerai.
Kampanye pemasaran melalui influencer atau
selebriti di media sosial. Ini juga disebut Endorse. Medsos untuk promosi bisa
beragam, namun saat ini selebgram menjadi pilihan cocok untuk media promosi
makanan online.
Dalam kampanye ini, influencer atau
selebriti akan mempromosikan makanan melalui akun media sosial mereka yang
memiliki follower relatif besar.
Iklan online seperti iklan display, iklan
video, dan iklan di media sosial. Iklan ini dapat menargetkan audiens yang
spesifik sesuai dengan targeting.
Yang paling murah dan meriah tentu melalui
aplikasi chatting, seperti Wa, Telgram, Line dlsb. Saat ini Apk perpesanan
tersebut juga sudah mendukung penggunaan bisnis yang bisa dimanfaatkan sebagai
sarana mengenalkan makanan.
Media Promosi Makanan Offline
Sedangkan untuk media promosi offline, beberapa jenis yang sering digunakan antara lain:
- Pemasangan spanduk atau billboard di tempat strategis seperti pinggir jalan raya atau gedung-gedung perkantoran.
- Iklan di media cetak seperti koran, majalah, brosur, banner dan katalog. Iklan ini dapat menjangkau khalayak yang lebih luas dan mudah diakses oleh masyarakat umum.
- Promosi melalui acara kuliner di televisi atau festival makanan. Acara ini biasanya menampilkan kuliner-kuliner yang menarik dan memberikan informasi mengenai harga dan lokasi gerai yang menyediakan makanan tersebut.
- Iklan di media elektronik seperti televisi dan radio. Iklan ini juga dapat menjangkau khalayak yang luas dan memberikan informasi mengenai makanan yang ditawarkan.
Selain itu ada model gabungan, yaitu berpromosi online dan offline sekaligus. Contohnya strategi
pemasaran makanan lainnya seperti pembuatan video promosi atau tutorial masakan
di platform video seperti YouTube, promosi melalui program loyalty atau diskon
di restoran atau gerai makanan cepat saji, dan pemasaran langsung melalui email
marketing atau pesan teks. Hal ini dilakukan secara bersama-sama.